OXXplain : Jenis-jenis kabel LAN (Bahasa Indonesia)

OXXplain : Jaringan Komputer (Bahasa Indonesia)

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi dimana suatu komputer terhubung dengan komputer yang lain untuk saling bertukar data. Pihak yang menerima data disebut client, sedangkan pihak yang mengirim data disebut server.

Jenis-jenis jaringan komputer adalah sebagai berikut :

1. PAN (Personal Area Network)
 
PAN dibagi 2, yaitu:
  • Wired PAN, contohnya koneksi antara PC dengan smart devices melalui kabel USB
  • Wireless PAN, contohnya koneksi antara PC dengan wireless mouse
2. LAN (Local Area Network)







Jaringan LAN merupakan sekelompok komputer yang dimiliki oleh sebuah organisasi dan memiliki teknologi yang sama dan saling terkait melalui sebuah jaringan (dalam skala besar disebut Ethernet). Jaringan ini berada dalam wilayah geografis yang tidak luas. Kecepatan LAN bisa mencapai 1 GB/s. Contoh LAN ialah 25 komputer terhubung dalam satu ruangan atau organisasi.

3. MAN (Metropolitan Area Network)









MAN menghubungkan beberapa LAN yang secara geografis, dekat satu sama lain (sampai beberapa kilometer) dengan kecepatan tinggi. MAN dikoneksikan dengan switch atau router yang terhubung satu sama lain. Contoh MAN adalah sampainya data dari provider seperti IndiHo*e menuju suatu ONT melalui kabel serat optik. Jangakauan PAN dalam diameter bisa mencapai 50 km.

4. WAN (Wide Area Network)









WAN menghubungkan beberapa LAN satu sama lain dalam jarak geografis yang luas. Kecepatan WAN tergantung dari biaya koneksi (jarak, respon, dll.) . Contoh WAN yang paling populer ialah Internet.

Komentar