OXXplain : Jenis-jenis kabel LAN (Bahasa Indonesia)

Seperti yang dijelaskan di posting "OXXplain : Jaringan Komputer (Bahasa Indonesia)" sebelumnya, bahwa jaringan LAN merupakan sekelompok komputer yang dimiliki oleh sebuah organisasi dan memiliki teknologi yang sama dan saling terkait melalui
sebuah jaringan. LAN dibagi 2, yaitu Wired dan Wireless seperti Wi-Fi. Wired diubah ke Bahasa Indonesia menjadi kabel. Kabel LAN dibagi menjadi 4, yaitu:

1. Kabel Coaxial







Yaitu kabel yang memiliki 2 buah penghantar konduktor berupa kabel solid yang terbuat dari tembaga, kemudian dilapisi dengan sekat isolator dan dililit lagi oleh penghantar berupa kabel serabut. Kabel ini terbungkus oleh isolator elastis. Biasa digunakan untuk antena TV, antena pemancar radio, dan juga kabel LAN tetapi relatif lebih lambat dari fiber optic.

2. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)










Yaitu kabel yang paling umum digunakan karena harganya yang lebih murah dan easy to setup dan cukup bisa diandalkan. Sesuai dengan namanya Unshielded Twisted Pair, kabel ini berpasangan terbelit tanpa pelindung. Biasanya digunakan untuk keperluan indoor (indoor purpose).

3. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)







Merupakan salah satu media transmisi yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network). Sesuai dengan namanya Shielded Twisted Pair, kabel ini bersifat terbalik dengan UTP yaitu kabel ini mempunyai selubung yang menyelubungi 4 lilitan kabel di dalamnya yang berfungsi sebagai eliminasi terhadap induksi dan kebocoran. Biasanya digunakan untuk keperluan outdoor (outdoor purpose).

4 . Kabel Fiber Optic








Adalah kabel yang berbahan dasar dari serat kaca yang mempunyai transfer data yang sangat tinggi, stabil, dan jauh lebih aman dari serangan petir, biasanya digunakan pada setiap ISP seperti IndiHo*e, Google Fiber, dan ISP lainnya.

Komentar